Kamis, 27 Desember 2012

usaha kita : Penulis : Nur Mufidha Muliana (092203014)

GUÉKU, KAOS BERMUTU DARI KOTA BATU
Kota wisata Batu merupakan salah satu kota dengan perkembangan sektor pariwisata tercepat di kawasan Jawa Timur. Pembangunan yang terus dilakukan secara otomatis menawarkan peluang bisnis menguntungkan bagi sejumlah pihak, contohnya pemuda bernama Arman (30) ini. Pada awalnya bisnis Arman bergerak di bidang jasa sablon dan konveksi. Seiring berkembangnya kota wisata batu menginspirasinya untuk mengikuti peluang bisnis yang tersedia. Pesatnya perkembangan wisata di kota Batu serta keinginan untuk terlibat meningkatkan pariwisata di kota Batu, maka sekitar pada awal tahun 2009 lah ia memulai mengembangkan usaha kaos dengan nama “GuéKU”, originale kaos batu.
GUéKU sudah sangat terkenal di kalangan anak muda sekitaran Kota Malang dan Batu. Bahkan pelanggan sengaja memesan kaos di GUéKU karena kualitas yang terjaga. “di sini enak mbak, murah tapi kualitasnya bagus”, ujar Hakim (20) mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Malang. Kaos produksi GUéKU mampu menembus pasar nasional. Bahkan beberapa otlet di Bali pun memesan kaos produksinya untuk di jual lagi. GUéKU semakin terkenal dengan seiring waktu dan memberi pilihan baru untuk oleh-oleh khas Kota Wisata Batu.
Pengambilan nama GUéKU bermakna bahasa jawa, bahasa wong mbatu “wé’ku” yang berarti “punyaku” dan ada arti kepanjangannya adalah “gubuk elek ku”, dengan filosofi awal perjalanannya tempat kerja mereka yang hanya berupa gubuk jelek dan sekarang sudah menjadi lebih baik. Konsep dari nama GUéKU sendiri tidak jauh dari inspirasi perjalanan kota Batu yang mulai dari kecamatan Batu, kota administratif Batu , kota Batu dan sekarang dengan label baru “Kota Wisata Batu”, jadi GUéKU pun merupakan progress dari sebuah perjalanan yang semakin maju, berkembang dan positif seperti adanya kota wisata Batu sekarang ini.
Omset Arman dan kawan-kawan bisa dibilang menggiurkan. Jutaan rupiah masuk tiap bulannya. Ia berharap usaha ini akan terus berkembang tanpa mengenal waktu.
 Menariknya, segmentasi GUéKU ini tidak hanya untuk kalangan muda. untuk anak-anak pun sengaja dipilih warna-warna cerah dan gambar yang menarik demi kepuasan pelanggan. hingga saat ini Arman mempunyai 5 karyawan dan usahanya terus berkembang tanpa hambatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar