Kamis, 27 Desember 2012

usaha kita : Penulis : Nur Mufidha Muliana (092203014)

DARI BATU JADI "SESUATU"
MALANG. Cobek merupakan salah satu alat penting dalam kegunaannya sebagai alat rumah tangga. Namun tahukah anda bahwa cobek kualitas terbaik datang dari Kota Malang? Ya, Ada dua produk unggulan di Desa Toyomarto ini yang sudah terkenal sampai keluar Malang. Diantaranya cobek dan lumpang dari batu. Produk ini dikenal karena bahan bakunya murni dari batu gunung bukan dari semen. Batu gunung dipakai sebagai bahan baku karena batu gunung ini sangat melimpah di desa Toyomarto. Batu gunung mudah didapat karena daerah ini dikenal sebagai tempat penambangan batu, sirtu dan pasir.
Sunaryo (52), adalah salah satu pengrajin cobek batu ini. Dengan cara manual yaitu ditatah, ia mampu menghasilkan kualitas cobek terbaik tanpa tipuan campuran lain. “biasanya yang nakal ya di kasih semen, tapi ngakunya dari batu”, ujarnya. Meski terkadang seperti terasa sepi pasaran, namun Sunaryo tetap terus memproduksi tanpa mengenal lelah. Kegigihannya membawa hasil. Setelah lebih dari 20 tahun menekuni pekerjaannya, cobek khas malang semakin terkenal dan dicari wisatawan bahkan dijadikan oleh-oleh khas Kota Malang.
Sampai saat ini pengrajin cobek ini kewalahan menerima order. Mengingat permintaan cukup besar akan tetapi karena pengerjaan cobek ini hanya menggunakan tenaga manusia maka hasil atau volume produksi tidak bisa ditingkatkan, Mengingat kemampuan pengrajin untuk menghasilkan cobek per hari sangat terbatas.
Dan yang terjadi sampai saat ini adalah tidak semua orang mampu memproduksi cobek. Anggapan pekerjaan ini adalah pekerjaan kasar menjadikan tidak semua orang mau bekerja di sektor ini. Padahal dari segi penghasilan kegiatan tidak kalah dengan pekerjaan dari sektor lain. Omsetnya mencapai jutaan rupiah per-bulan. Namun tentu peran pemerintah kota setempat sangat diharapkan agar penjualan cobek tersebut tidak stagnan dan terus berkembang.

1 komentar:

  1. bulan awal maret sya brkunjung kstu mbk , skalian beli cobeknya buat oleh'' dkmpung sya,,

    BalasHapus