Jumat, 28 Desember 2012

Usaha Kita : Penulis : Akbar Fahmi Leo Listyanta (09220324)


Green Ice Cream

Seiring dengan berjalannya waktu es krim merupakan makanan yang sangat trend dan tidak tergilas oleh waktu. Beberapa bukti yang menguatkan adalah dengan adanya gerai-gerai es krim ternama yang masih eksis sampai sekarang bahkan berusia sampai puluhan tahun belum lagi munculnya gerai-gerai es krim baru yang semuanya boleh dibilang berkonsep cafe dan semi cafe, tentunya dengan harga jual yang bersahabat, orang-orang dapat menikmatinya.
Perkembangan bisnis es krim di Indonesia menjadi bagian penting yang sangat harus diperhatikan oleh seorang pelaku usaha atau produsen guna memenuhi kebutuhan konsumennya. Hanya dalam waktu yang relatif singkat berbagai macam es krim muncul dan menawarkan berbagai produknya yang unik di pasar. Es krim tergolong salah satu produksi yang menarik, mudah, dan tergolong sedikit, dengan bahan dasar susu perah. Es krim merupakan salah satu minuman yang sangat digemari masyarakat Indonesia tidak terkecuali masyarakat Malang. Selain rasanya yang enak dan lezat, minuman yang mempunyai aroma khas ini mengandung nilai gizi yang lebih tinggi dari minuman yang lain, apalagi bahan dasarnya adalah susu perah murni. Bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang mudah dilakukan, merupakan keuntungan dalam memberdayakan usaha ini.
Dari pemantauan saya di Desa Wiyurejo, susu perah merupakan salah satu produk yang melimpah ruah di Desa Wiyurejo karena sekitar 90% warga Wiyurejo bermata pencaharian sebagai peternak sapi perah. Dalam sehari saja warga Desa Wiyurejo mampu menghasilkan susu perah sekitar 75.000liter/hari. Oleh karena itu, Pak Suyanto membuat es krim dengan bahan dasar susu perah dan dibantu dengan Karang Taruna di Desa Wiyurejo dalam fasilitas penyediaan baahan baku. Hasil es krim ini akan lebih nikmat dan bernilai gizi tinggi karena susu yang digunakan sebagai bahan baku adalah hasil perahan secara langsung dari sapinya.
Dalam usaha ini, Pak Suyanto memakai bahan dasar susu perah sortiran, es krim dengan bahan dasar susu perah sortiran sering dianggap es krim yang tidak berkualitas. Tapi dengan cara pembuatan, pengemasan, dan pemasaran yang unik, es krim ini dapat laris manis diserbu oleh para pembeli. Es krim bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memulai sebuah bisnis yaitu, selain mudah dalam hal produksi dan bahan bakunya, modal pembuatanya juga relatif rendah. Dalam usaha faktor utama yang perlu di perhatikan adalah bagaimana mempunyai mutu pruduk tinggi dengan harga yang terjangkau.

Dengan mempertimbangkan hal-hal yang telah diuraikan diatas, maka Pak Suyanto memiliki ide bisnis untuk membuka gerai es krim dengan nama “Green Ice Cream”. “Green Ice Cream” ini hadir dengan harga jual yang dapat dijangkau oleh semua golongan. Selain itu “Green Ice Cream” hadir dengan aneka rasa, yang tentunya sangat diminati dan bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar